CDC Beberkan Efek Samping Pasca Vaksinasi COVID-19 dan Cara Menanganinya

Kontak Perkasa Futures – Dimulainya vaksinasi COVID-19 di beberapa negara memunculkan kekhawatiran mengenai efek samping yang ditimbulkan pasca suntikan.
Beberapa ahli menyebut efek samping yang timbul setelah vaksinasi adalah hal normal dan bis ditoleransi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merilis panduan untuk mengelola kemungkinan efek samping setelah vaksinasi.

“Anda mungkin mengalami beberapa efek samping, yang merupakan tanda normal bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan. Efek samping ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari,” tulis CDC dalam laman resminya seperti yang dilihat, Rabu (16/12/2020).


Berikut efek samping umum yang bisa terjadi.
Di lengan tempat disuntiknya vaksin:
Kebas
Bengkak
Di seluruh tubuh:
Demam
Panas dingin
Kelelahan
Sakit kepala
Meskipun efek samping biasanya bersifat sementara dan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, CDC menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang obat-obatan yang dijual bebas seperti ibuprofen atau asetaminofen untuk mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Langkah-langkah lain untuk mengurangi rasa sakit termasuk menempatkan kain lap basah yang dingin di atas lengan atau gerakkan tangan. Untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat demam, disarankan untuk tetap terhidrasi.

“Efek sampingnya mungkin terasa seperti flu dan bahkan memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi akan hilang dalam beberapa hari,” lanjutnya. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Leave a comment