Seperti Kesurupan Kalau Lagi Marah, Ini Tokek Setan Ekor Daun

Kontak Perkasa Futures – Siapa tahu tokek bisa kesetanan? Eits, bukan kesetanan yang itu, tokek satu ini kalau lagi marah sangar banget, kayak setan!
Dilansir dari berbagai sumber, inilah tokek setan ekor daun. Dengan nama latin Uroplatus phantasticas, tokek ini begitu unik. Hal ini jelas terlihat dari nama akhirnya, ekor daun.

Mari kita bahas satu persatu. Tokek setan ekor daun adalah tokek yang tinggal di Madagaskar. Warnanya coklat tua mirip dengan daun kering.

Guratan urat daun pun terlihat menghiasi tubuh tokek ini. Sementara ekornya bagai sehelai daun kering. Karena inilah, tokek inilah dia disebut si ahli menyamar.

Kamuflasenya bisa berubah sesuai dengan tempat di mana ia berpijak. Jangan salah, tokek ini bisa berubah warna menjadi rona ungu, abu-abu, hijau, oranye, kuning dan yang pasti coklat.

Sementara nama setan diberikan karena sifat temperamennya. Jika merasa sedikit terusik, tokek ini akan langsung berdiri, membuka lebar mulutnya dan menjerit dengan suara keras. Mirip banget kaya orang kesetanan alias kesurupan.

Belum lagi adanya tanduk di bagian kepala dan mata menyala. Warna matanya juga akan berubah mengikuti warna tubuh. Penduduk lokal saja takut jika mendengarnya.

Tokek setan ekor daun termasuk hewan nokturnal atau aktif di malam hari. Saat siang mereka akan lebih banyak berada di pohon dan tidur dengan posisi kepala di bawah.

Hewan unik ini tumbuh dewasa dengan panjang 9 cm. Mereka berkembang biak dengan bertelur dengan menghasilkan dua telur saja. Telur akan menetas setelah 60-70 hari.

Selain telurnya yang sedikit, tokek setan ekor daun juga begitu sensitif dengan adanya perubahan di habitatnya. Ini mengapa hewan unik ini sudah mulai terancam punah. Penggundulan hutan adalah penyebab utamanya. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Leave a comment