5 Jurus Ampuh Hadapi Rekan Kerja yang Bossy, Biar Nggak Ngeselin Terus!

PT Kontak Perkasa Futures – Pernahkah kamu menghadapi rekan kerja yang bossy? Meski bukan atasan langsung atau berwenang atas kinerjamu, ada saja karyawan yang bertingkah seolah berada di atas karyawan lain. Tak jarang mereka memberikan instruksi layaknya seorang bos dan sering bikin jengkel.
Tak perlu pusing, jengkel, atau overthinking berlebihan, kamu bisa kok menyikapi karyawan bossy tersebut dengan baik. Berikut beautynesia.id telah menyiapkan jurus ampuh hadapi rekan kerja yang bossy agar tak banyak mengatur pekerjaanmu.

Tolak Perintah di Luar Pekerjaan
Langkah pertama adalah menolak perintah di luar pekerjaanmu dan di luar batasan kewenangannya. Ada kalanya saat bekerja sama, kamu dan karyawan lain berhak memberikan instruksi. Jika memang dalam kondisi tersebut, kamu perlu mematuhi instruksi karyawan lain.

Namun jika tidak, abaikan dan tolak instruksi atau perintah dari karyawan lain yang di luar batas kewenangannya dan tidak sesuai dengan arahan atasan. Tolak perintah tersebut dengan tetap sopan dan tanpa emosi agar tidak memicu konflik di kantor.

  1. Curhat dari Hati ke Hati dan Tegur Kesalahannya dengan Tegas

    Daripada tiba-tiba memutuskan cari lowongan kerja baru, kamu bisa curhat dari hati ke hati ke karyawan tersebut. Cobalah mengungkapkan berbagai kesulitan yang kamu hadapi dan mengapresiasi kebaikan hati karyawan tersebut. Setelah itu, sampaikanlah keluh kesahmu terhadap sikap rekan kerja yang bossy. Sebaiknya, sampaikan saat sedang berdua agar tak merusak harga dirinya di hadapan karyawan lain di kantor.

    Tegur Kesalahannya dengan Tegas
    Jika kamu sudah melakukan dua cara di atas, tetapi rekan kerja tersebut tetap bersikap bossy, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah menegurnya dengan tegas. Berikan sikap dan bahasa tubuh serius tanpa emosi yang berlebihan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar memperingatkannya agar tak berlaku yang sama.
  2. Sabar dan Jauhi serta Laporkan Perilakunya ke HRD

    Selanjutnya, kamu juga perlu bersabar dan menghindari komunikasi atau kerja sama dengannya selama di kantor. Hal ini berguna agar kamu terhindar dari sikapnya yang semena-mena dan menjaga agar kesehatan mentalmu tetap stabil.
    Selain itu, perilaku sabar dan menghindarinya bisa jadi alarm kepada karyawan yang bossy untuk menjaga jarak denganmu. Apabila dia tetap saja tidak peka, maka kamu bisa melakukan cara terakhir yakni laporkan perilakunya ke HRD.

Laporkan Perilakunya ke HRD
Terakhir, jika semua cara sudah kamu lakukan maka langkah terakhir adalah melaporkan perilakunya ke HRD. Daripada cari lowongan kerja baru, sebaiknya sampaikan ke HRD bahwa perilaku karyawan bossy tersebut sudah melanggar hak kamu sebagai karyawan dan ia telah berperilaku di luar kewenangan dan batas kerjanya. Ceritakan pula dampak negatif dari sikapnya terhadap kinerja dan kesehatan mentalmu selama bekerja.

Selain pilih cari lowongan kerja baru, itulah 5 jurus ampuh yang bisa kamu lakukan saat menghadapi rekan kerja yang bossy. – PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : beautynesia.id

Leave a comment