Punya Toko Online Sendiri, Poco Akan Pisah dari Xiaomi?

Kontak Perkasa Futures – Xiaomi baru saja mengenalkan Poco X3 Pro dan Poco F3 di Indonesia. Menariknya, ponsel ini tidak lagi dijual di situs resmi Mi Indonesia, melainkan di situs resmi Poco Indonesia yang baru yaitu Po.co.id.
Apakah ini artinya di Indonesia Poco akan memisahkan diri dari Xiaomi? Menurut Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengatakan hal perpisahan ini diperlukan agar kedua brand bisa fokus memenuhi permintaan pengguna yang berbeda.

“Xiaomi akan fokus menjadi brand ponsel trendsetter dan AIoT lifestyle. Ketika bisa mengelola pasar yang cukup besar, apa yang difokuskan? Akan fokus pada portofolio yang lebih seimbang,” kata Alvin dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/4/2021).


Sedangkan Poco, menurut Alvin, lebih fokus untuk memberikan performa kelas atas dengan harga yang ekstrem. Ia mengaku Poco tidak perlu memuaskan semua konsumen, hanya sekelompok penggemar tertentu yang mencari ponsel dengan performa flagship.

Pria lulusan Stanford University ini mencontohkan lini Redmi Note buatan Xiaomi. Meski menyasar kelas menengah, lini ini sudah dilengkapi dengan kamera hingga 108 MP dengan chipset yang cukup mumpuni.

Jika konsumen memilih ponsel Poco, Alvin mengatakan mereka mungkin tidak akan mendapatkan spesifikasi kamera yang wahid. Tapi karena performa adalah bagian dari DNA Poco, mereka justru akan memberikan chipset Snapdragon seri 800 seperti Poco X3 Pro dan Poco F3.

“Jadi pengguna yang ingin mencari performa ekstrem untuk gaming, Poco akan menjadi pilihan yang lebih gila. Jadi itu mengapa Xiaomi dan Poco perlu berpisah,” pungkasnya.


Seperti diketahui, Xiaomi pertama kali mengenalkan Poco sebagai sub-brand pada tahun 2018. Poco kemudian berpisah dari Xiaomi dan menjadi brand independen di pasar India pada awal tahun 2020.

Pada November 2020, Poco kemudian mengumumkan lewat media sosialnya bahwa mereka akan menjadi brand independen secara global.

“Brand Poco akan jadi independen. Untuk fans Poco: Kami ingin mengundang kalian semua untuk bergaung dengan petualangan kami yang baru,” tulis akun Twitter Poco Global dalam pengumumannya saat itu. – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s