Ini Persyaratan untuk Jadi Pramugari First Class di Emirates

Kontak Perkasa Futures – Kru kabin penerbangan Emirates mendapat penghargaan sebagai yang terbaik di dunia. Selain penampilan yang menawan, para pramugari dan pramugara Emirates pun dikenal punya kemampuan lebih dalam melayani penumpang pesawat. Pramugari Alexandra Cosoff mengungkap kemampuan dan pelatihan apa saja yang diperlukan untuk bisa menjadi salah satunya. Mulai dari jago dandan hingga mengerti kuliner, ini yang kemampuan yang dibutuhkan dan persyaratan untuk jadi pramugari Emirates.

Mempelajari Penumpang
Kepada Dailymail, Alexandra mengungkap jika pramugari first class di penerbangan Emirates harus memperlakukan penumpang dengan spesial. Mereka diminta untuk mempelajari para penumpang dan mendekati mereka secara pribadi. Sebelum boarding, pramugari pun punya PR untuk mengetahui nama dan detail-detail lainnya, seperti minuman atau majalah favorit.

“Kami semua diminta untuk tahu preferensi pribadi, rencana perjalanan, pilihan makanan dari penumpang first class. Sebelum terbang, kami ada team briefing untuk memastikan kami semua tahu tamu-tamu VIP yang terbang dengan kami dan kami juga punya tablet untuk menyimpan informasi tersebut di tangan,” ungkap Alexandra mengenai persyaratan jadi pramugari Emirates.

Harus Ahli Kuliner
Para pramugari Emirates menyajikan makanan yang tidak biasa, apalagi untuk first class. Mereka pun harus mengetahui makanan dan minuman mewah yang dibawakan. Bukan hanya harus tahu namanya tapi juga rasanya untuk bisa merekomendasikan. Sebagai persyaratan jadi pramugari Emirates, mereka harus mengambil kursus khusus.

“Kami harus bisa menyediakan respon informatif mengenai pertanyaan apapun yang kami terima dalam pelayanan pelanggan. Kami harus mengakses kursus untuk menguatkan pengetahuan kami saat menawarkan produk di pesawat,” kata wanita asal Australia itu.

Apalagi untuk penerbangan first class, mereka harus bisa memenuhi keinginan penumpang yang bisa memesan apapun yang diinginkan. Dan menyajikan beragam menu untuk berbagai jenis penumpang dikatakan ada seninya tersendiri. “Ini adalah seni dari first class, bisa mencocokkan penerbangan dengan kebutuhan atau preferensi pelanggan,” tambahnya.

Sekolah Etika
Sebelum menjadi pramugari, mereka tentu perlu dilatih dengan berbagai kemampuan. Selain kemampuan dan pengetahuan untuk melayani, mereka juga diberi edukasi mengenai etika dengan mengikuti beberapa kursus. “Kami ditawarkan pelatihan praktek dan pengalaman yang akan mempersiapkan kita pada situasi terbang,” kata Alexandra.

Pria dan Wanita Harus Bisa Dandan
Bukan rahasia lagi jika pramugari Emirates punya penampilan yang menarik. Mereka pun diminta untuk bisa berdandan dengan baik dan hal tersebut bukan hanya untuk wanita. Pramugara juga harus tahu cara menjaga penampilan karena itu mereka juga mengikuti kursus kecantikan.

“Kami sering ditanya apakah ada warna tertentu yang harus digunakan sebagai kru tapi tidak ada yang spesifik, apa yang kami harus tahu adalah bahwa warna itu harus serasi dengan seragam merah dan tidak bersinar,” kata pramugari yang juga mengatakan bahwa rambut memeng harus dikonde dengan rapi meski tertutup topi.

Sedangkan untuk pria, rambut juga harus rapi dan konservatif, tidak kebanyakan gel atau wax serta tidak kepanjangan.

Selain itu, beberapa persyaratan untuk menjadi pramugari Emirates, antara lain:

-Berusia lebih dari 21
-Lengan bisa menjangkau 212 cm ketika berdiri dan menjinjit
-Tinggi paling tidak 160 cm
-Lulusan paling tidak SMA
-Lancar bahasa Inggris
-Tidak terlihat tato
-Bisa beradaptasi dengan situasi atau orang baru
-Sehat sesuai dengan Indeks MasaTubuh – Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Leave a comment