Harga SUV Esemka Garuda 1 di Bawah Rp 300 Juta?

PT Kontak Perkasa – Esemka tak hanya menyiapkan mobil pikap dalam bentuk Esemka Bima. Produsen mobil yang berbasis di Boyolali, Jawa Tengah, itu dikabarkan bakal memperkenalkan mobil SUV.

Saat peresmian pabrik Esemka sekaligus peluncuran pikap Esemka Bima beberapa waktu lalu, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) sempat memamerkan salah satu SUV bongsornya. SUV itu tampak gagah, dari segi tampilan eksterior tak kalah dengan SUV dari merek Jepang.

SUV itu adalah Esemka Garuda 1. Memang Esemka mengaku belum berniat meluncurkan mobil penumpang. Tapi dengan ditampilkannya SUV Esemka Garuda 1, tak menutup kemungkinan Esemka akan meluncurkannya.

Apalagi, perkiraan nilai jual Esemka Garuda 1 sudah muncul. Mobil SUV Esemka yang bernama Esemka Garuda 1 itu sudah terdaftar dalam Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Berapa nilainya?

Nama Esemka Garuda 1 terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019. Pada lampiran peraturan tersebut, tertulis merek Esemka Garuda 1.

Dalam daftar lampiran halaman 22, nama Esemka Garuda 1 masuk ke jenis mobil penumpang Minibus. Dengan nomor koding 10365101001, Esemka Garuda 1 dibekali mesin 2.000 cc.

Jika benar harga Esemka Garuda 1 di bawah Rp 300 jutaan, bisa jadi mobil ini lebih murah dibanding SUV asal Jepang. Sebab, pesaingnya seperti Honda CR-V hingga Nissan X-Trail harganya sudah di atas Rp 300 juta. Bahkan sampai Rp 500 jutaan.

Namun, memang belum ada keterangan resmi mengenai SUV Esemka ini. Setidaknya sebelum diluncurkan, ada beberapa bocoran. Di antaranya bocoran mengenai tampilan eksterior dan interiornya.

Beberapa waktu lalu ada bocoran informasi lebih detail terkait spesifikasi mobil baik itu bagian eksterior, interior, maupun fitur. Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono di akun Instagramnya memberikan tampilan Esemka Garuda 1.

Melongok ke bagian dalam tersebut, interior SUV Esemka bagai mobil mewah merek Eropa. Jok telah dilapisi kulit dengan jahitannya yang cukup rapi.

Warna interior pun serba hitam ditambah beberapa aksen kayu ala mobil Eropa di bagian door trim. Kemudian di kursi belakang ada dua layar hiburan terpasang di bagian belakang disertai dengan aksen pelat besi bertuliskan ‘Esemka

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, mendatangi pabrik mobil Esemka, PT. Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali beberapa waktu lalu. Selain membeli 35 unit mobil Esemka Bima 1.3, Yuyu juga sempat melakukan test drive.

Selain mencoba pikap Bima, Yuyu juga menjajal mobil jenis SUV, Garuda 1. Mobil-mobil itu dijajal di lintasan test drive di kompleks PT Solo Manufaktur Kreasi.

Selain menyetir sendiri, Yuyu juga sempat duduk di kursi belakang. Interior mobil dengan kapasitas 4 penumpang tersebut ternyata terlihat mewah, terutama di bagian penumpang belakang.

Di bagian belakang, kursinya hanya muat 2 orang saja. Di depannya terdapat 3 LCD monitor, di kanan-kiri dan tengah. Selain itu juga terlihat meja kecil. Di bawah layar LCD monitor, terdapat list warna silver dengan tulisan Esemka. Di bagian depan, stang kemudi mobil bertransmisi manual itu juga sudah dibalut kulit. Satu LCD monitor di bagian tengah. – PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Leave a comment