Susi Pudjiastuti: KKP Buka 3 Pos Bantuan Gempa Palu Donggala

PT Kontak Perkasa Futures – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunjungi beberapa lokasi yang terkena dampak gempa Palu Donggala, Sulawesi Tengah. Di sana Susi meninjau Kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan.

Selain itu Susi mengevakuasi 34 pegawai KKP yang terkena dampak bencana, ke Makassar, Mamuju, dan Balikpapan. “Saya meminta eselon satu untuk fokus dalam membantu menyediakan kebutuhan dasar,” ujar Susi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tempo pada Rabu, 3 Oktober 2018.

Susi mempersilakan masyarakat yang membutuhkan air bersih untuk mengambil di Kantor BKIPM di Palu. Dia juga mengatakan KKP membuka tiga pos bantuan yang berada di Mamboro, Kabupaten Sigi, dan Bandara Mutiara SIS Al-Jufri.

Baca Juga:
Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018
Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas
Bisnis Investasi Masih Menarik Tahun 2018

Di posko tersebut, kata Susi, disediakan dapur umum, tenaga kesehatan, serta ruang belajar untuk anak-anak. “Pengiriman bantuan dan logistik akan dilakukan melalui Balikpapan dan Mamuju,” tutur Susi.

Evakuasi korban, ujar Susi, diutamakan untuk orang sakit, anak, dan ibu. Evakuasi tersebut menggunakan fasilitas Susi Air ke Balikpapan dan Mamuju.

Selain bantuan udara, Susi mengerahkan Kapal Pengawas Hiu 002 untuk membawa bantuan makanan, air, serta peralatan evakuasi dari Bitung. “Kapal Pengawas Orca 02 juga menyusul membawa bantuan dan tenaga medis,” tutur dia.

KKP juga membatu alat berat berupa ekskavator dari Pasangkayu sebanyak dua unit untuk penangangan pasca gempa Palu Donggala. “Sementara tiga unit ekskavator dari Kabupaten Sigi dan Parigi Moutong belum bisa masuk, karena akses jalan belum dapat dilalui alat berat,” kata Susi Pudjiastuti. – PT Kontak Perkasa Futures

 

Sumber: Tempo.co

Leave a comment