Transportasi Sulit, Kunjungan Turis ke Festival Asmat Menurun

PT Kontak Perkasa – Turis yang berkunjung ke Festival Asmat di papua belakangan menurun. Hal ini diduga karena sulitnya transportasi menuju ke sana.

Asmat yang berada di ujung timur Indonesia dikenal dengan ukiran kayu dan tarian patung mbeis. Namun 3 tahun belakangan ini kunjungan turis mancanegara ke Festival Asmat yang biasa digelar setiap Oktober mulai berkurang.

“Sebenarnya Asmat itu menjadi salah satu tujuan turis mancanegara, tetapi karena sulitnya transportasi menuju ke sana membuat turis harus membatalkan perjalanan ke sana,” ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Provinsi Papua, Iwanta Perangin-angin.

Terutama pada saat Festival Budaya Asmat, kata Iwanta keinginan turis mancanegara cukup antusias, hanya saja terbatas transportasi selain waktu pelaksanaan festival sering tidak tepat waktu atau berubah tanggal.

“Beberapa kali festival ini berubah tanggal dan minimnya transportasi, membuat turis tertunda-tunda. Padahal Festival Asmat sangat menjanjikan untuk promosi wisata di Papua,” ujarnya saat ditemui di Jayapura, Papua.

Bayangkan saja, transportasi ke Asmat biasa ditempuh dari Timika-Asmat, dengan pesawat carter, sekali jalan Rp 35 juta dengan jenis pesawat tipe Caravan yang bisa ditumpangi 8 orang.

“Jadwal transportasi pesawat ataupun kapal cepat dari Timika-Asmat kadang waktunya tidak menentu. Jika kita ikuti jadwal reguler, agak susah kita menjualnya. Sehingga kami harus mencarter pesawat,” tambah Ketua Asita Papua itu.

Asita Papua mencatat per satu orang turis, biaya perjalanan untuk menyaksikan Festival Baliem dan Festival Asmat dikenakan harga USD 3.000 (Rp 40 juta) dengan kurs Rp 13 ribu, dengan jangka waktu 10-14 hari.

“Pada tahun 2016 lalu, Festival Asmat pelaksanaannya tergantung akibat musim kering yang berkepanjangan, menyebabkan kapal motor tidak bisa merapat di pelabuhan,” ujar Iwanta – PT Kontak Perkasa

Sumber:travel.detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s