Tips Cegah Kantuk Saat Kerja Usai Makan Siang

PT KONTAK PERKASA YOGYAKARTA – Istirahat makan siang telah berakhir, saatnya anda kembali bekerja. Saat bersiap – siap kembali menekuni pekerjaan, tidak jarang rasa kantuk menyergap.

Anda menguap tanpa henti sehingga sulit untuk kembali fokus menyelesaikan pekerjaan. Jangan khawatir, dorongan kuat untuk tidur setelah makan siang bukan karena makanan yang baru saja anda konsumsi.

Tapi hal ini dikenal dengan Ritme sirkadian (circadian rhythm), sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun tidur. Ritme sirkadian secara alami akan berada di titik rendah sekitar jam makan siang yang mengakibatkan anda jauh lebih mudah mengantuk saat siang tiba.

Tidak hanya itu, tingkat energi juga dipengaruhi faktor seperti makanan yang anda konsumsi, beban kerja, dan lain – lain. Untuk menghindari rasa kantuk yang menyergap setelah makan siang ada beberap langkah yang dapat dilakukan. Berikut tipsnya :

1. Lakukan Sedikit Olahraga Kecil

Aktivitas fisik ringan seperti stretching dan jalan – jalan pun dapat memperlancar aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otot sehingga anda merasa lebih enerjik. Setelah makan siang, jangan duduk – duduk saja. Ayo segera bergerak sebelum rasa kantuk datang menghampiri.

2. Minum Air Secukupnya

Iklan minuman yang sering anda lihat di televisi memang benar adanya. Dehidrasi dapat menyebabkan rasa lemas dan mempengaruhi konsentrasi dalam beraktivitas.

Konsumsi air putih 8 gelas sehari agak kurang tepat jika dijadikan standar universal, namun anda boleh menggunakannya sebagai panduan agar tubuh anda cukup mendapat asupan cairan.

3. Lakukan Sedikit Tidur Siang

Riset membuktikan kalau tidur siang singkat selama 10-20 menit membantu otak anda melepas beban dan meningkatkan produktivitas. Plus, anda akan merasa lebih segar dan recharged setelahnya.

4. Dengarkan Musik Sambil Bekerja

Selain menjaga agar anda tidak terkantuk – kantuk, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Bagi beberapa individu, musik bahkan dapat menstimulasi kreativitas dan membantu mereka berkonsentrasi. Sebelum meraih headphone anda, pastikan tempat kerja mengizinkan pegawainya untuk mendengarkan musik sambil bekerja.

5. Mengurangi Konsumsi Gula

Gula dapat ditemui dalam berbagai bentuk, terutama dalam makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti dan nasi. Makanan sarat karbohidrat cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuat gula darah melejit dan memberi efek suntikan energi instan.

Namun setelahnya, energi anda pun akan “terjun bebas” sehingga mengakibatkan anda semakin cepat lemas. anda tidak perlu menghilangkan karbohidrat sepenuhnya, cukup perbanyak konsumsi protein dan sayuran dan jadikan karbohidrat sebagai pendamping saja – PT KONTAK PERKASA

Sumber : bisnis.liputan6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s