Penyebab Mata Panda Selain Akibat Kurang Tidur

PT KONTAK PERKASA YOGYAKARTA – Mata panda, yakni kantong mata dengan warna kehitaman seperti panda, selalu dikaitkan dengan kurang tidur. Menurut dokter, banyak begadang memang menjadi salah satu penyebab masalah kantung mata.

“Pada orang yang kurang tidur, maka sirkulasi tidak stabil di bawah area orbital mata. Ini bisa menyebabkan warna kehitaman di bahwa mata,” kata praktisi kesehatan dr Shella Pratiwi.

“Pada orang yang kurang tidur terjadi penggunaan otot mata yang berlebihan, yang akibatnya kelelahan otot, kendurnya otot dan jaringan elastis di bawah mata, yang menyebabkan kantong mata,” lanjutnya.

Namun kurang tidur bukan satu – satunya penyebab. Ada banyak faktor lain yang melatar belakangani masalah ini, termasuk di antaranya nutrisi.

Kekurangan vitamin A, D, C dan E misalnya, bisa membuat elastisitas kulit pada kelopak mata mengendur. Faktor genetik juga bisa memicu kantong mata, sebab beberapa orang terlahir dengan kulit yang lebih tipis di kelopak matanya.

Demikian juga rokok, yang merupakan sumber racun – racun radikal bebas perusak struktur kolagen pada kulit – PT KONTAK PERKASA

Sumber : health.detik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s