Perfeksionis Tanda Anda Memiliki Kecerdasan Emosional Tinggi

PT KONTAK PERKASA YOGYAKARTA – Kesempurnaan, itu adalah hal yang paling ingin dicapai oleh orang dengan kepribadian perfeksionis. Kepuasan diri belum akan terwujud sebelum target yang dianggap sempurna tercapai.

Orang perfeksionis beranggapan jika hal yang mereka kerjakan terselesaikan dengan sempurna akan memberikan kesuksesan pada karir yang mereka jalankan.

Bisa jadi orang yang perfeksionis sangat peduli dengan penilaian orang lain. Sehingga mereka tidak ingin pekerjaan yang dilakukan ada cela walaupun sedikit.

Sayangnya jika sikap seperti ini diteruskan dapat menimbulkan rasa frustasi karena ketidakpuasan yang tiada akhir dan memancing emosi.

Akibat dari obsesi yang berlebihan untuk mewujudkan kesempurnaan bukan hanya menimbulkan stres bagi diri sendiri, tapi juga menular pada orang – orang yang bekerja satu tim bersama orang yang perfeksionis ini.

Jika anda bukan termasuk orang yang menuntut kesempurnaan dalam hidup, anda perlu bersyukur. Bisa saja anda termasuk orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Ada beberapa tanda bahwa seseorang termasuk memiliki kecerdasan emosional tinggi :

Tidak Perfeksionis

Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi menyadari bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pekerjaan memang harus diselesaikan sebaik mungkin, tetapi jika ada ketidaksempurnaan dalam proses penyelesaian pekerjaannya mereka tidak akan menjadi frustasi untuk bisa mewujudkan hal yang sempurna.

Orang berkecerdasan emosional tinggi akan mudah memahami dan melakukan penyesuaian. Langkah mereka tidak akan terhenti hanya karena hal yang tidak sempurna.

Tahu Kekuatan Dan Kelemahan Diri

Penerimaan diri dengan semua kelebihan dan kelemahannya dikuasai oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional. Mereka tidak selalu menuntut dirinya untuk terus menjadi orang nomer satu.

Kecerdasan emosional yang dimilikinya membuat orang yang berkecerdasan emosional tinggi tahu bagaimana memanfaatkan kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirinya.

Mereka bisa menciptakan banyak peluang untuk bekerjasama dengan pihak yang tepat di waktu yang tepat dengan memanfaatkan kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.

Bersikap Empati Pada Orang Lain

Daniel Goleman dalam bukunya “Emotional Intelelligence” memaparkan bahwa memiliki empati adalah salah satu hal yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

Kemampuan untuk bisa merasakan apa yang dirasakan dan dipikirkan orang lain akan membantu mereka membuat keputusan dan tindakan yang tepat di saat yang tepat.

Tak perlu cemas jika anda bukan termasuk orang yang menuntut segala sesuatunya harus sempurna. Bisa jadi anda termasuk orang yang memiliki kepribadian sempurna, serta kecerdasan emosional tinggi yang mampu mengambil keputusan terbaik walaupun yang terbaik itu bukanlah hal yang sempurna – PT KONTAK PERKASA

Sumber : lifestyle.liputan6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s