Cara Mudah Membantu Teman Yang Depresi

PT KONTAK PERKASA FUTURES YOGYAKARTA – Depresi memang bisa membuat seseorang merasa ketakutan, kesepian sehingga sering mengucilkan dirinya dari orang lain.

Memiliki teman atau keluarga yang depresi, tak bisa dibiarkan begitu saja. Anda pasti memiliki keinginan untuk membantunya sembuh dari depresi.

Satu dari enam orang akan menderita depresi di satu titik kehidupan mereka. Mereka memperkirakan pada taun 2020, depresi akan menjadi penyebab kedua masalah kesehatan di seluruh dunia.

Ini berdasarkan jumlah meningkatnya resep antidepresan yang dikeluarkan di Inggris yang telah melebihi angka 60 juta resep per tahun.

Tak perlu bingung dengan cara membantu kerabat yang depresi. Cara berikut ini dapat anda lakukan untuk membantu mereka mengatasi depresinya :

1. Lebih sabar

Seseorang yang mengalami depresi bisa jadi mudah tersinggung, sehingga bisa membuat kesalahpahaman atau miss komunikasi. Jika sudah begini, biasanya mereka perlu lebih diyakinkan dalam beberapa stuasi. Anda pun harus menambah kesabaran untuk membantunya memahami situasi yang terjadi.

2. Jangan menyalahkan mereka

Sebaiknya jangan menyalahkan mereka karena mengalami depresi. Jangan pula untuk mendorong atau memberitahu mereka agar bisa segera sadar dari rasa cemas tersebut. Mereka mungkin sudah menyalahkan dirinya sendiri, dan kritikan atau kata – kata yang menyalahkan bisa memperburuk depresi.

3. Mendorong mereka untuk mendapatkan bantuan

Salah satu hal yang paling penting dan dapat lakukan adalah mendorong teman anda mencari bantuan atau pengobatan yang tepat untuk mengatasi depresi.

Anda dapat meyakinkan mereka bahwa sangat mungkin untuk memperbaiki situasi yang terjadi. Tetapi, anda harus melakukannya dengan cara yang tulus dan peduli, serta tidak memaksakan kehendak.

4. Mencari tahu pemicu depresi

Depresi mungkin saja dipicu oleh beberapa hal seperti stres, masalah dalam hubungan asmara, atau kekhawatiran tentang finansial.

Cobalah mencari tahu apa pemicu depresinya, sehingga anda bisa mengetahui masalahnya dan bisa mengambil tindakan sebelum depresi semakin parah.

5. Mengirimkan pesan

Terkadang, anda tak perlu secara langsung berbicara tentang kesehatan mental untuk mencari tahu kabarnya. Bagi seseorang yang depresi, butuh banyak kesempatan untuk mengatakan dirinya butuh bantuan.

Ini bisa dilakukan dengan cara mudah seperti mengirimkannya pesan singkat atau SMS. Cara sederhana ini bisa membuat mereka tahu bahwa anda peduli dan memikirkannya.

Anda bisa juga mengajaknya bertemu hanya sekedar untuk makan malam atau jalan – jalan santai bersama agar ia bisa bercerita dan melupakan masalahnya – PT KONTAK PERKASA

Sumber : health.liputan6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s