Ciri Gejala Serangan Jantung Pada Wanita | Kontak Perkasa Futures

Kontak Perkasa Futures Yogyakarta – Sebagian besar orang menganggap serangan jantung lebih sering menyerang pria. Padahal, penyakit mematikan ini bisa menyerang pria dan juga wanita.

Berdasarkan laporan CDC (Centers for Disease Control and Prevention), 2/3 wanita yang meninggal mendadak akibat serangan jantung tidak mengetahui gejala awal penyakit ini.

Penyakit dengan julukan “silent killer” ini bertanggung jawab untuk sekitar saru dari empat kematian wanita khususnya di Amerika.

Menurut ahli penyakit jantung, Dr. William Daniel, penyakit jantung bahkan lebih berbahaya pada wanita karena gejala serangan jantung sering berbeda pada setiap wanita dibandingkan pada laki – laki.

Lebih buruknya lagi, kebanyakan wanita tidak mengetahui gejala atau tanda – tanda dirinya mengalami stres atau kelelahan. Menurut Daniel, mengetahui tanda – tanda penyakit jantung bisa mengurangi kematian mendadak akibat serangan jantung.

1. Nyeri dada yang tidak menyakitkan

Nyeri pada dada memang merupakan salah satu gejala khas dari serangan jantung. Namun, pada wanita, nyeri ini terasa halus atau lembut.

Serangan jantung pada wanita tidak langsung membuat sakit di bagian dada secara tiba-tiba. Biasanya wanita akan merasakan gejala yang membuat tubuh tidak nyaman.

Seperti, gangguan pencernaan yang buruk hingga nyeri di bagian lengan dan sesak napas. Ini menunjukkan serangan jantung tidak selalu membuat jantung berdebar kencang.

2. Kelelahan luar biasa

Menurut Dr. Daniel, tanda peringatan dini serangan jantung pada wanita seperti reaksi berlebihan terhadap obat baru, lelah karena kurang tidur, kelelahan yang luar biasa dan tak pernah dirasakan sebelumnya. Jika anda mengalami ini, waspadalah.

Sebuah studi terbaru dari National Institutes of Health (NIH) menemukan bahwa lebih dari 70 persen wanita yang disurvei mengalami gejala seperti kelelahan selama beberapa hari atau minggu sebelum terkena serangan jantung.

3. Masalah tidur kronis

Banyak orang yang mengalami masalah tidur karena stres. Tapi, masalah tidur yang kronis mungkin disebabkan oleh lebih dari kegiatan sehari – hari. Jika anda melihat gangguan yang tidak biasa pada tidur anda, cobalah untuk mengunjungi dokter anda.

Sebuah studi NIH menunjukkan, hampir setengah dari perempuan yang baru saja mengalami serangan jantung memiliki gangguan tidur atau insomnia.

4. Cek warna kulit anda

Beberapa wanita tampak pucat dan kusam sebelum atau saat mengalami serangan jantung. Jika kulit anda tiba – tiba kusam, hubungi dokter anda. Kulit tiba – tiba dingin dan lembap atau muncul sakit parah pada kulit bisa jadi tanda penyakit serius.

5. Anda merasa terkena flu

Banyak wanita yang terkena serangan jantung mengaku mengalami flu. wanita mungkin mengalami sesak napas tanpa alasan yang jelas, pusing, pingsan, mual, atau muntah bisa jadi pertanda lain dari sekedar flu atau lelah biasa – Kontak Perkasa Futures

Sumber : health.liputan6

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s